LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
on The Job Learning
Program Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah/Madrasah (PKB KS/M)
Tingkat SMP/MTs
Kabupaten ................
Provinsi ..........
Tanggal 07 Oktober s.d. 20 November 2014
Dibuat
Oleh :
..................
|
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DINAS
PENDIDIKAN KABUPATEN .......
................
|
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia dan rahmat-Nya, sehingga
kami dapat menyelesaikan laporan pelaksanaan kegiatan on the Job Learning Program
Keprofesian Berkelanjutan untuk Kepala Sekolah /Madrasah ( PKB KS/M) di
bawah naungan ProDEP. Kami menyadari bahwa laporan pelaksanaan kegiatan peningkatan kompetensi PTK ini sangat diperlukan untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat
ketercapaian mutu dan sasaran kegiatan tersebut sebagai bahan
akuntabilitas lembaga. Oleh karena itu, kami berusaha untuk menyusun
laporan ini secermat mungkin agar memiliki manfaat yang optimal bagi
pihak-pihak yang memerlukan.
Secara umum laporan ini berisi mengenai hal-hal
yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan on the Job
Learning Program Keprofesian
Berkelanjutan untuk Kepala Sekolah /Madrasah ( PKB KS/M) di lapangan.
Terima kasih kami sampaikan atas kerja sama semua pihak yang terkait sehingga kami dapat
menyelesaikan laporan pelaksanaan kegiatan
ini.
..... , ..... 2014
....................
DAFTAR ISI
|
|
Hal
|
KATA PENGANTAR
|
i
|
|
DAFTAR ISI
|
ii
|
|
BAB I
|
PENDAHULUAN
|
1
|
|
A. Latar Belakang Pemilihan BPU
|
1
|
|
B. Target Kompetensi
|
2
|
|
C. Hasil Pembelajaran yang Diharapkan
|
3
|
BAB II
|
PELAKSANAAN OJL
|
4
|
|
A. Jadwal Pelaksanaan OJL
|
4
|
|
B. Kendala dan Solusi Selama Pelaksanaan OJL
|
4
|
BAB III
|
PENUTUP
|
21
|
|
A. Simpulan
|
|
|
B. Rekomendasi
|
|
LAMPIRAN
|
|
|
1.
RTL IN1
|
|
|
2.
Foto Kegiatan
|
|
|
3.
Tagihan BPU
|
|
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam pelaksanaan PKB KS/M digunakan strategi In
service Learning 1 (In –1),On
the Job Learning (On) , dan In service Learning 2 (In – 2).
Kegiatan In-1 merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberikan bekal
bagi kepala sekolah dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai PKB KS/M
melalui Pengembangan Diri khususnya
diklat Bahan Pembelajaran Utama (BPU). Di akhir In-1, kepala sekolah dilatih
untuk membuat rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan ketika on the job learning. Dengan demikian, peserta PKB KS/M setelah
selesai mengikuti kegiatan In-1 diharapkan akan dapat menjadi mentor, fasilitator,
dan pengelola kegiatan dalam BPU terpilih di sekolah masing-masing. Kegiatan
OJL merupakan lanjutan IN1 dimana kepala sekolah melaksanakan semua kegiatan
dalam BPU terpilih dan mengumpulkan bukti fisik/tagihan sebagai syarat
terpenuhinya kompetensi dalam BPU. Hasil-hasil OJL akan dipresentasikan pada
saat In-2 PKB KS/M dan menjadi bahan yang dipertimbangkan oleh pengawas dan pelatih/widyaiswara
untuk menentukan apakah kepala sekolah bisa dinyatakan kompeten dalam pengawas peserta PPKSPS/M.
Penentuan BPU dilakukan oleh pengawas pada saat
melaksanakan kegiatan OJL. Pada kegiatan ini pengawas melaksanakan penilaian
kinerja kepala sekolah (PKKS), dan menganalisis hasil PKKS dalam bentuk
rekomendasi. Hasil analisis dinegosiasikan dengan kepala sekolah untuk
menentukan prioritas PKB. Pemilihan BPU kurikulum dilaksanakan karena kebijakan
sedangkan BPU pilihan berdasarkan kondisi sekolah/ kepala sekolah.
B. Target Kompetensi
( buang pilihan bpu yg tdk sesuai)
1.
BPU
Kurikulum
Mengelola pengembangan
kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan
nasional. (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007;
Kompetensi 2.10).
2.
BPU Sarana
& Prasarana
Mampu mengelola sarana dan prasarana
sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal (Permendiknas nomor
13 tahun 2007, kompetensi 2.7).
3.
BPU Supervisi Akademik
a.
Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka
peningkatan profesionalisme guru
b.
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan
menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
c.
Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru
dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
4.
BPU PPTK
Mengelola pendidik dan
tenaga kependidikan secara optimal (Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 Kompetensi
2.6)
5.
BPU RKJM
Menyusun perencanaan sekolah/madrasah
untuk berbagai tingkat perencanaan. (Permendiknas no.13 tahun 2007,kompetensi
2.1)
C. Hasil Pembelajaran
yang Diharapkan (
buang pilihan bpu yg tdk sesuai)
Hasil yang diharapkan dari kegiatan On the Job Learning ini adalah setelah mempelajari BPU Kurikulum
dan BPU Sarana & Prasarana, kepala sekolah peserta PKB KS/M diharapkan
mampu:
1.
BPU Kurikulum
a.
menyempurnakan dokumen KTSP;
b.
menyempurnakan dokumen RPP.
2.
BPU Sarana & Prasarana
a.
Menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana
sekolah/madrasah;
b.
Merencanakan pengelolaan sarana dan prasarana
sekolah/madrasah;
c.
Memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah/madrasah untuk
mendukung proses pembelajaran;
d.
Melakukan perawatan sarana dan prasarana sekolah/madrasah.
3.
BPU Supervisi Akademik
a.
Menyusun perencanaan supervisi akademik
b.
Melaksanakan supervisi akademik
c.
Menganalisis hasil supervisi akademik
d.
Menentukan tindak lanjut hasil supervisi akademik terhadap guru dalam
rangka peningkatan profesionalisme guru.
e. Menyusun laporan hasil
supervisi akademik.
4.
BPU PPTK
a.
Merencanakan program pengelolaan pendidik dan tenaga
kependidikan.
b.
Memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan secara
optimal.
5.
BPU RKJM
1. Mengkaji RKJM-RKAS/M yang ada dengan melakukan analisis
konteks atau analisis laporan EDS/M;
2. Merevisi
RKJM-RKAS/M berdasarkan hasil kajian RKJM-RKAS/M serta hasil analisis konteks
atau analisis laporan EDS/M;
BAB II
PELAKSANAAN OJL
A. Jadwal
Pelaksanaan OJL
Tabel RTL pada IN1 .................
Tabel Pelaksanaan OJL ...............
Penjelasan kegiatan
yang tidak sesuai dengan RTL .....
B. Kendala dan
Solusi Selama Pelaksanaan OJL
Kegiatan OJL
|
Kendala
|
Solusi
|
Sesuai keg rtl pd masing2 bpu
........
|
Kendala pada setiap tahap keg
|
Solusi dari kendala yg dihadapi
|
.........
|
|
|
..............
|
|
|
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Dari hasil
OJL yang telah dilaksanakan untuk kedua BPU, simpulan yang dapat diambil adalah
sbb.
1.
BPU Kurikulum
.............. buat simpulan dari target dan proses pelaks memenuhi tagihan
dalam bpu
2.
BPU Pilihan
..............
buat simpulan dari target dan proses pelaks memenuhi tagihan dalam bpu
Contoh membuat simpulan:
Pak Ahmad memiliki: 3 mobil mewah; 5 rumah mewah, 5
ha sawah, 50 ha kebun kelapa sawit dll à p ahmad orang kaya
B. Rekomendasi
Rekomendasi
yang dapat disampaikan adalah sebagai berikut.
1)
..........
2)
..........
3)
..............
Catatan:
rekomendasi yang dibuat (untuk memperbaiki kondisi) diawali dengan isu/
kesenjangan yang ditemukan selama proses mencapai target untuk memenuhi tagihan
bpu dalam ojl
LAMPIRAN (gunakan lembar pemisah antar lampiran n beri judul pada lembar
tsb)
1.
RTL IN1
..........
2.
Foto Kegiatan
............
3.
Tagihan BPU (gunakan lembar
pemisah antara BPU wajib n pilihan, n beri judul
Sip sudah, bisa berbagai pengetahuan tentang laporan prodep. punya saya juga ada laporan OJL prodep dan laporan BPU RKJM dan laporan BPU Kurikulum. blog saya parhanpkn.blogspot.com. buka posting lama sampai ketemu maka akan ketemu laporan OJL
ReplyDeleteTERIMA KASIH PAK ATAS ILMUNYA SANGAT BERMANFAAT INSYALLAH BERKAH
ReplyDelete