Monday, November 24, 2014

LAPORAN OJL PRODEP UNTK KS


LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN


on The Job Learning
Program Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah/Madrasah (PKB KS/M)
Tingkat SMP/MTs
Kabupaten ................
Provinsi ..........

Tanggal 07 Oktober s.d. 20 November 2014










Dibuat Oleh :
..................








KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN .......
................






KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia dan rahmat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan pelaksanaan kegiatan on the Job Learning  Program Keprofesian Berkelanjutan untuk Kepala Sekolah /Madrasah ( PKB KS/M) di bawah naungan ProDEP. Kami menyadari bahwa laporan pelaksanaan kegiatan peningkatan kompetensi PTK ini sangat diperlukan untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat ketercapaian mutu dan sasaran kegiatan tersebut sebagai bahan akuntabilitas lembaga. Oleh karena itu, kami berusaha untuk menyusun laporan ini secermat mungkin agar memiliki manfaat yang optimal bagi pihak-pihak yang memerlukan.
Secara umum laporan ini berisi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan on the Job Learning  Program Keprofesian Berkelanjutan untuk Kepala Sekolah /Madrasah ( PKB KS/M) di lapangan. Terima kasih kami sampaikan atas kerja sama semua pihak yang terkait sehingga kami dapat menyelesaikan laporan pelaksanaan kegiatan ini.


..... ,  .....  2014


                                    ....................








DAFTAR ISI




Hal
KATA PENGANTAR
i
DAFTAR  ISI
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1

A.  Latar Belakang Pemilihan BPU
1

B.   Target Kompetensi
2

C.  Hasil Pembelajaran yang Diharapkan
3
BAB II
PELAKSANAAN OJL
4

A.  Jadwal Pelaksanaan OJL
4

B.   Kendala dan Solusi Selama Pelaksanaan OJL
4
BAB III
PENUTUP
21

A.  Simpulan


B.   Rekomendasi

LAMPIRAN

1.         RTL IN1

2.         Foto Kegiatan

3.         Tagihan BPU















BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Dalam pelaksanaan PKB KS/M digunakan strategi In service Learning 1 (In –1),On the Job Learning (On) , dan In service Learning 2 (In – 2).  Kegiatan In-1 merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberikan bekal bagi kepala sekolah dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai PKB KS/M melalui Pengembangan Diri  khususnya diklat Bahan Pembelajaran Utama (BPU). Di akhir In-1, kepala sekolah dilatih untuk membuat rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan ketika on the job learning. Dengan demikian, peserta PKB KS/M setelah selesai mengikuti kegiatan In-1 diharapkan akan dapat menjadi mentor, fasilitator, dan pengelola kegiatan dalam BPU terpilih di sekolah masing-masing. Kegiatan OJL merupakan lanjutan IN1 dimana kepala sekolah melaksanakan semua kegiatan dalam BPU terpilih dan mengumpulkan bukti fisik/tagihan sebagai syarat terpenuhinya kompetensi dalam BPU. Hasil-hasil OJL akan dipresentasikan pada saat In-2 PKB KS/M dan menjadi bahan yang dipertimbangkan oleh pengawas dan pelatih/widyaiswara untuk menentukan apakah kepala sekolah bisa dinyatakan kompeten dalam  pengawas peserta PPKSPS/M.

Penentuan BPU dilakukan oleh pengawas pada saat melaksanakan kegiatan OJL. Pada kegiatan ini pengawas melaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS), dan menganalisis hasil PKKS dalam bentuk rekomendasi. Hasil analisis dinegosiasikan dengan kepala sekolah untuk menentukan prioritas PKB. Pemilihan BPU kurikulum dilaksanakan karena kebijakan sedangkan BPU pilihan berdasarkan kondisi sekolah/ kepala sekolah.

B.     Target Kompetensi  ( buang pilihan bpu yg tdk sesuai)

1.    BPU Kurikulum
Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional. (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007; Kompetensi 2.10).

2.    BPU Sarana & Prasarana
Mampu mengelola sarana dan prasarana sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal (Permendiknas nomor 13 tahun 2007, kompetensi 2.7).

3.    BPU Supervisi Akademik
a.         Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
b.        Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
c.         Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

4.    BPU   PPTK
Mengelola pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal (Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 Kompetensi 2.6)

5.    BPU RKJM
Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkat perencanaan. (Permendiknas no.13 tahun 2007,kompetensi 2.1)

C.    Hasil Pembelajaran yang Diharapkan ( buang pilihan bpu yg tdk sesuai)
Hasil yang diharapkan dari kegiatan On the Job Learning ini adalah setelah mempelajari BPU Kurikulum dan BPU Sarana & Prasarana, kepala sekolah peserta PKB KS/M diharapkan mampu:
1.      BPU Kurikulum
a.      menyempurnakan dokumen KTSP;
b.      menyempurnakan dokumen RPP.

2.      BPU Sarana & Prasarana
a.        Menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana sekolah/madrasah;
b.        Merencanakan pengelolaan sarana dan prasarana sekolah/madrasah;
c.         Memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah/madrasah untuk mendukung proses pembelajaran;
d.       Melakukan perawatan sarana dan prasarana sekolah/madrasah.
3.      BPU Supervisi Akademik
a.        Menyusun perencanaan supervisi akademik
b.        Melaksanakan supervisi akademik
c.         Menganalisis hasil supervisi akademik
d.       Menentukan tindak lanjut hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
e.       Menyusun laporan hasil supervisi akademik.

4.      BPU PPTK
a.        Merencanakan program pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
b.      Memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.

5.      BPU RKJM
1. Mengkaji RKJM-RKAS/M yang ada dengan melakukan analisis konteks atau analisis laporan EDS/M;
2. Merevisi RKJM-RKAS/M berdasarkan hasil kajian RKJM-RKAS/M serta hasil analisis konteks atau analisis laporan EDS/M;










BAB II
PELAKSANAAN OJL

A.    Jadwal Pelaksanaan OJL
Tabel RTL pada IN1 .................                                                                  



Tabel Pelaksanaan OJL ...............

Penjelasan kegiatan yang tidak sesuai dengan RTL .....    

B.     Kendala dan Solusi Selama Pelaksanaan OJL
Kegiatan OJL
Kendala
Solusi
Sesuai keg rtl pd masing2 bpu ........
Kendala pada setiap tahap keg
Solusi dari kendala yg dihadapi
.........


..............
















BAB III
 PENUTUP

A.    Simpulan
Dari hasil OJL yang telah dilaksanakan untuk kedua BPU, simpulan yang dapat diambil adalah sbb.
1.        BPU Kurikulum
.............. buat simpulan dari target dan proses pelaks memenuhi tagihan dalam bpu
2.        BPU Pilihan
          .............. buat simpulan dari target dan proses pelaks memenuhi tagihan dalam bpu

  Contoh membuat simpulan:
Pak Ahmad memiliki: 3 mobil mewah; 5 rumah mewah, 5 ha sawah, 50 ha kebun kelapa sawit dll àp ahmad orang kaya

B.     Rekomendasi
Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah sebagai berikut.
1)      ..........
2)      ..........
3)      ..............

Catatan:
rekomendasi yang dibuat (untuk memperbaiki kondisi) diawali dengan isu/ kesenjangan yang ditemukan selama proses mencapai target untuk memenuhi tagihan bpu dalam ojl







LAMPIRAN (gunakan lembar pemisah antar lampiran n beri judul pada lembar tsb)
1.     RTL IN1
..........



2.    Foto Kegiatan

............

3.    Tagihan BPU (gunakan lembar pemisah antara BPU wajib n pilihan, n beri judul

2 comments:

  1. Sip sudah, bisa berbagai pengetahuan tentang laporan prodep. punya saya juga ada laporan OJL prodep dan laporan BPU RKJM dan laporan BPU Kurikulum. blog saya parhanpkn.blogspot.com. buka posting lama sampai ketemu maka akan ketemu laporan OJL

    ReplyDelete
  2. TERIMA KASIH PAK ATAS ILMUNYA SANGAT BERMANFAAT INSYALLAH BERKAH

    ReplyDelete